Pelatihan pendidikan lingkungan berbasis petualangan

Pelatihan merupakan salah satu bentuk proses pembelajaran yang terorganisir dan sistematis dalam waktu yang relatif singkat untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dengan metode yang lebih mengutamakan praktik. Pelatihan lingkungan untuk remaja berbasis camping dan petualangan menjadi sarana pemenuh kebutuhan remaja untuk dapat mengembangkan keterampilan, pengetahuan dan sikap terhadap lingkungan sosial ataupun alam.

Educational camping atau Educamp merupakan seri program pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia bergenre Outdoor Education yang ditujukan bagi anak-anak dan remaja dengan mengikuti program berkemah dengan berbagai macam aktifitasnya, seri lainnya adalah Live IN di Halimun. Educational camp diselenggarakan kegiatannya didalam kawasan Highland camp dengan muatan pendidikan alam dan lingkungan sosial yang dikemas dalam kegiatan petualangan dan permainan-permainan edukatif. Aktifitas educational camp meliputi journey, pendidikan ekosistem kawasan sekitar hutan dan sungai, wisata air terjun dan permainan-permainan edukasi untuk membangun karakter individu, kepemimpinan, kerjasama tim dan kemandirian.

Program Educational Camp

Program Educational Camp merupakan pembelajaran yang diselenggarakan di luar ruangan, dengan melibatkan pengalaman berbasis alam. Para peserta akan berpartisipasi dalam berbagai tantangan petualangan seperti hiking, treking hutan, telusur sungai, wisata air terjun, pengamatan biodiversitas kawasan serta permainan-permainan edukatif dan rekreatif. Program Educamp ini  mengacu pada metode pembelajaran experiential education dan environmental education.

NOMOR:#EC-2D1N.20
JENIS:Educamp
DURASI:2D1N
VENUE:Highland Camp
Curug Panjang
FASILITAS:Lokasi kegiatan
Tenda dome (double layer)
Flysheet 
Matras dan Sleping Bag
Peralatan memasak di api besar 
Api unggun dan Berbeque
4x makan dan 2x break
Peralatan pendukung program 
Min Paket:40 orang (usia minimal 12 tahun)
INVESTASI:IDR. 695K / orang

RUNDOWN EDUCAMP 2D1N

DAYTIMEACTIVITIES 
D-108.30 – 21.301. Kedatangan (sekitar 8.30 AM)
2. Opening dan Conditioning  
    – Introduction 
    – Overview program  
    – Safety briefing  
3. Orientasi
4. Games edukasi 
5. Journey  
    – Edukasi ekosistem hutan dan sungai
    – Zoologi dan botani praktis
6. Memasak di api besar (ngaliwet)
7. Jelajah satwa malam dan pengamatan kunang-kunang (tentatif)   
8.  Night session
    – Api unggun
    – Sharing Experiences 
9. Istirahat  
D-205.00 – 14.001. Morning routine
    – Morning call
    – Stretching & Energizer Games
    – Breakfast
2. Adventure
    –  Orienteering (Teknis navigasi darat)
    – Treking hutan
    – Susur sungai
3. Wisata air terjun
2. Menanam
4. Closing & Sayonara

Crew

:1. Fasilitator 
2. Medical support
3. Logistic team support (LTS)
4. Photografer
5. Adventure crew

[Noted] Rundown dan muatan program ini masih bersifat umum yang nantinya dapat disesuaikan dan didetailkan  dengan mempertimbangkan usia peserta, poin-poin tujuan diselengarakannya outing class dan cuaca.

Gambaran umum kegiatan Educational Camp

Educational camp – Alur program ini merupakan sebuah rangkaian kegiatan yang dimulai dengan orientasi kawasan dan berakhir dengan menanam pohon sebagai simbol bukti bakti pada lingkungan. Program ini berpijak pada metode adventure learning based dimana aktivitas fisik, olah emosi dan pikir hampir mendominasi setiap sesi pada alur kegiatan .

Orientasi

Merupakan proses penyesuaian diri terhadap lingkungan fisik dan sosial baru sehingga para peserta mampu mengembangkan sikap positif terhadap suatu perubahan. Pun orientasi adalah upaya kami dalam mengenalkan kawasan Highland Camp kepada para peserta camping edukasi dengan segala macam fasilitas alam maupun buatan yang ada didalamnya untuk dipergunakan selama kegiatan 2 hari 1 malam berlangsung.

Educational  Games 

Permainan edukasi merupakan bentuk games simulasi dan kompetisi yang mainkan oleh para peserta educamp, sehingga peserta dapat mengambil mamfaat dari pengalaman dan pembelajaran selama sesi ini berlangsung dan setelahnya. Adapun educational games bertujuan untuk pengembangan karakter (character building), mengolah jiwa kepemimpinan (Leadership) dan membangun kerjasama tim (team work). Para peserta akan diperhadapkan pada satu tantangan secara individual, dimana setiap peserta Educational camping mempuyai kesempatan untuk menentukan dirinya sendiri yang akan mempengaruhi kelompoknya. 

Journey 

Merupakan aktifitas meng-explorasi keragaman dunia tumbuhan dan binatang yang berada dalam kawasan Highland camp. Pada sesi ini, peserta Educational camping akan diajak untuk mengamati keragaman ekosistem hutan dan air, peserta diajak untuk mengenal beberapa tumbuhan yang dapat dikonsumsi oleh manusia dan tidak.

Tumbuhan yang dapat dikonsumsi, oleh peserta Educational camping akan dipetik sebagai salah satu bahan baku untuk memasak pada sore harinya, selanjutnya peserta pun akan mengambil ikan dari sebuah kolam yang telah dipersiapkan, ikan hasil tangkapan tersebut akan diolah untuk makan malam ataupun untuk berbeque ikan ketika sesi api unggun.

Ngaliwet ; Memasak di api besar

Merupakan teknik memasak dengan mengunakan kayu bakar dan menanak nasi liwet dengan kastrol, memasak dengan gaya ini biasa dilakukan oleh masyarakat sunda yang tinggal disekitar hutan ketika mereka melakukan aktifitas berhutan dan berkebun.

Tumbuh-tumbuhan yang dipetik dan ikan yang ditangkap pada sesi aktifitas journey, akan dimasak sebagai bahan baku ngaliwet, namun tidak semua bahan makanan yang akan disantap pada makan malam itu berasal dari hutan dikawasan highland camp, beberapa bahan yang sudah dipersiapkan setengah matang, seperti ayam yang sudah di ungkep, tahu tempe yang sudah dibumbui dan lain sebagainya itu tinggal dimatangkan oleh para peserta educamp.  

Jelajah satwa malam ; pengamatan kunang-kunang

Selain dapat mengamati kera atau kra ekor panjang (Macaca fascicularis) yang populer pada kalangan masyarakat lokal dengan sebutan monyet atau kunyuk dan mengamati elang pada siang hari, pada malam harinya, peserta educamp dapat melakukan pengamatan terhadap kunang-kunang di zona edukasi dan konservasi kawasan Highland Camp.

Kunang-kunang banyak dijumpai di HIghland Camp, karena pada kawasan ini banyak ditemukan spot dengan kelembaban tinggi yang hangat, sesuai dengan dengan habitat hidupnya. Kunang-kunang memiliki tubuh lunak dan memanjang, bernama latin Lampyridae, merupakan serangga jenis kumbang dalam ordo Coleoptera, aktif pada malam hari, sehingga binatang ini disebut sebagai serangga nocturnal. Serangga malam ini dapat menghasilkan cahaya berwarna merah pucat, kuning dan hijau yang dihasilkan dari sinar dingin, Cahaya berpendar dari bagian tubuhnya digunakan sebagai alat komunikasi, terutama ketika mencari pasangannya pada musim kawin. Habitat kunang-kunang di zona Taman Kunang-Kunang banyak terdapat di rawa, lembahan, sungai, padang rumput dan hutan basah yang memiliki iklim mikro yang sesuai.

Mengamati fenomena keindahan cahaya kunang-kunang yang paling baik antara pukul 19.30–22.00, ketika suhu berkisar antara 17–20 ⁰C, dalam keadaan cuaca tidak hujan, serangga ini akan menunggu dalam gelap pekat untuk mempertunjukan cahaya dramatisnya ketika mereka saling mencari pasangan. Selain untuk memberi tanda kawin, Cahaya kunang-kunang berperan pula sebagai tanda peringatan, untuk memperingatkan antar-sesama jenisnya tentang ancaman bahaya.

Api unggun dan berbagi pengalaman

Kegiatannya dilakukan setelah aktifitas pengamatan kunang-kunang. Pada saat api unggun, peserta akan mereview kembali nilai-nilai pembelajaran yang didapatkan selama mengikuti kegiatan pada hari pertama dan membuat sebuah rangkuman kegiatan yang dipresentasikan pada kelompok lainnya dalam sesi berbagi pengalaman.

Adventure dan wisata air terjun

Pada sesi Adventure, peserta Educamp akan diajak keluar dari zona nyaman dengan menelusur hutan dan sungai. Berbekal kompas dan titik koordinat yang telah dipersiapkan, peserta harus dapat mencapai air terjun Curug Panjang. Peserta Educamp akan merasakan proses berdinamika dengan lingkungan dalam sebuah kelompok dalam perjalanan petualangan. Pada sesi ini peserta Educamp akan diperhadapkan pada tantangan demi tantangan yang bertambah tingkat kesulitan dan resikonya secara gradual sehingga mencapai terjunan air di curug panjang untuk berwisata.

Menanam pohon

Merupakan aktifitas penutup sebagai bukti bakti para peserta pada alam dan merupakan simbol menamam sebuah kebaikan yang semoga setiap harinya akan tumbuh, berkembang dan berbuah, sayonara…

Educamp : Pelatihan pendidikan lingkungan hidup untuk remaja (sebuah kesimpulan)

Pendidikan Lingkungan Hidup merupakan program pendidikan yang ditujukan untuk mengubah sikap dan perilaku manusia agar memelihara lingkungan hidup, serta bertanggung jawab terhadap kualitas kehidupan saat ini dan masa yang akan datang melalui proses pendidikan secara berkelanjutan. Adapun pelatihan pendidikan lingkungan untuk remaja adalah salah satu bentuk proses pembelajaran yang terorganisir dan sistematis dalam waktu yang relatif singkat, bertujuan untuk mendorong dan memberikan kesempatan kepada remaja guna memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap yang pada akhirnya dapat menumbuhkan kepedulian, komitmen untuk melindungi, memperbaiki serta memanfaatkan lingkungan hidup secara bijaksana sejak usia remaja, turut menciptakan pola perilaku baru yang bersahabat dengan lingkungan, mengembangkan etika lingkungan dan memperbaiki kualitas hidup. Educamp adalah series program pelatihan pendidikan lingkungan untuk remaja dengan menggunakan experiential learning sebagai metode pembelajarannya.