Outing dan Gathering di Bogor Puncak

Gathering Perusahaan – Highland Indonesia Group menfasilitasi penyelengaraan gathering perusahaan dan outing dengan beragam konsep event berbasis wisata minat khusus dan petualangan, kegiatannya dapat diselenggarakan di Highland camp Gn. Paseban maupun dalam kawasan pegunungan Halimun dan desa wisata dalam zona penyangga Taman Nasional Gunung Halimun Salak. 

Beragam paket gathering perusahaan di puncak Bogor, alur kegiatan serta pembiayaannya dapat di buka pada link berikut -> Paket Gathering di Puncak Bogor dan Paket Outbound Puncak Bogor.

Dalam paket yang termaktub pada link, terdapat gathering perusahaan dengan durasi 1D dan 2D1N dan dengan beragam pilihan pembiayaannya. Kegiatan utama gathering perusahaan yang diselengarakan di Highland Camp meliputi aktivitas outbound, journey dan wisata air terjun yang menjadi satu kesatuan utuh dari alur kegiatan gathering perusahaan. 

H O T L I N E

+62 819-1005-4000

WHATSAPP

Pengertian Outing dan Gathering

Outing adalah

Outing adalah perjalanan atau kunjungan untuk rakreasi / plesir / kesenangan atau untuk pendidikan, biasanya outing dilakukan oleh sekelompok orang dan berlangsung tidak lebih dari satu hari. Menurut Oxford Englis Dictionary, outing adalah “a trip that you go on for pleasure or education, usually with a group of people and lasting no more than one day”.

Outing yang diadakan oleh perusahaan, lembaga ataupun komunitas bersifat menyenangkan seperti melakukan plesir di pegunungan ataupun dipantai dan rekreasi tempat wisata-wisata buatan, semuanya itu bertujuan untuk membangun suasana rekreatif dan rilek dengan beragam kegiatan yang sifatnya mengembirakan. Pada lembaga pendidikan, outing class lebih populer sebagai suatu kegiatan yang melibatkan alam secara langsung untuk dijadikan media belajar dan sumber pembelajaran sehingga siwa/i mendapatkan pembelajaran dan pengalaman atas suatu obyek pelajaran. Outing class dapat dipahami sebagai “suatu kegiatan menyampaikan pelajaran diluar kelas, sehingga kegiatan atau aktivitas belajar mengajar berlangsung diluar kelas atau di alam bebas” (Vera, 2012:17). sumber : Highland camp

Gathering adalah

Terambil dari bahasa inggris (EN) yang dapat dimaknakan sebagai pertemuan untuk tujuan tertentu atau pertemuan sosial/keluarga. Secara umum gathering bertujuan untuk meningkatkan kebersamaan, semangat, loyalitas, kesatuan dan persatuan (espirit de corps). Diharapkan sekembalinya dari kegiatan gathering, partisipan akan lebih segar dan jernih baik jasmani maupun rohaninya. Gathering dapat dilakukan oleh perusahaan, lembaga ataupun komunitas dalam sebuah alur kegiatan guna membangun kebersamaan, mempererat kekerabatan, dan menghadirkan suasana santai atau relaksasi dengan muatan fun outbound, performence / hiburan dan aktivitas wisata.

Kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk karyawan dan keluarga karyawan dikenal dengan sebagai family Gathering, dan untuk seluruh karyawan perusahaan tanpa melibatkan keluarga karyawan dikenal employee gathering, dan untuk perusahaan yang mengumpulkan seluruh rekanan (vendor) sebagai bentuk apresiasi terhadap rekanan bisnisnya biasa dikenal dengan nama customer gathering. Jadi dalam makna yang luas, gathering dapat dilakukan oleh perusahaan ataupun komunitas sebagai kegiatan bersama dalam satu lokasi dengan berisikan tema yang dikehendaki atau disesuaikan untuk dapat membangun suasana santai, akrab dan kekeluargaan. Sumber : Highland camp.

Manfaat Gathering Perusahaan dan Outing

Gathering perusahaan biasanya dilakukan dengan pergi ke luar kota, menuju daerah sejuk atau pegunungan, seperti ke Highland camp atau kawasan pegunungan Halimun yang memiliki nuansa ketinggian dan hijaunya hutan tropis. Adapun kegunaan,  Gathering perusahaan adalah :

  • Menjalin suatu relasi dan menjaga hubungan baik antara sesama karyawan dalam perusahaan atau organisasi;
  • Saling mempererat hubungan pertemanan dan kekerabatan antara keluarga karyawan yang satu dengan yang lainnya;
  • Mempererat kerja sama antara sesama karyawan perusahaan dan organisasi;
  • Menghilangkan beban pekerjaan yang selama ini dilakukan;
  • Dengan gathering diharapkan seluruh karyawan dapat berbahagia dan segar kembali, sehingga pada saat bekerja nanti dalam keadaan fresh (segar)

Customer Gathering sebagai bentuk apresiasi

Customer Gathering dilaksanakan oleh perusahaan setiap setahun sekali untuk memberikan apresiasi dan sekaligus meningkatkan hubungan dengan para pelanggan perusahaan (loyalty Customers) atau untuk para rekanan yang sering membantu perusahaan dalam mencapai target tahunannya, dengan tujuan :

  • Sebagai bentuk apresiasi perusahaan terhadap pelanggan setianya (loyalty customers);
  • Informasi perkembangan perusahaan sampai dengan saat ini dan apa target untuk tahun mendatang;
  • Promosi penjualan ataupun pengenalan produk baru yang akan segera dipasarkan.

Event gathering perusahaan di Bogor Puncak

Alur event athering perusahaan dengan muatan outbound dan journey

Aur kegiatan gathering perusahaan dengan muatan outbound dan journey merupakan bentuk kebersamaan dengan tetap menambahkan pembelajaran di alam terbuka dengan pendekatan yang unik untuk menghadirkan pengalaman sebagai muatan pembelajaran, sederhana dan menyenangkan, alurnya sebagai berikut :

  • Ice Breaking; Adalah proses adaptasi, bentuk kegiatannya berupa permainan pengenalan diri untuk mencairkan kekakuan melalui cara interaktif dan menyenangkan dengan permainan-permainan yang melatih konsentrasi, kecermatan dan fokus.
  • Group Dynamic; Adalah pengkondisian kohesivitas kelompok dengan mengembangkan rasa kebersamaan dan keterbukaan. Bertujuan agar para peserta dapat merasakan proses terbentuknya kelompok, pentingnya semangat dan rasa memiliki kelompok. Materi dalam group dynamic adalah permainan-permainan yang dapat melatih kepemimpinan, kerjasama tim, komunikasi efektif, pengendalian diri, kesabaran, disiplin, tanggung jawab, kecermatan, kreatif dan kepercayaan.
  • Adventure Team Challenge; Pada tahap ketiga, peserta akan dihadapkan pada tantangan demi tantangan agar dapat belajar dan menyadari potensi yang dimiliki, mengenali dasar-dasar dalam bersikap, memotivasi diri dan orang lain serta memahami perubahan paradigma untuk mencapai sasaran bersama.
  • Final Project; Adalah Interaksi antar kelompok, para peserta akan dibagi menjadi dua kelompok besar, lalu dihadapkan pada tantangan inter-group problem solving untuk mengembangkan saling tergantungan (interdependensi) dan persaingan secara positif guna meningkatkan kualitas kelompok, sehingga mencapai sasaran yang lebih berkualitas dan prestatif.
  • Hiburan dan Performance ; Adalah malam kebersamaan dengan berbagai aktivitas santai dan menyenangkan seperti menghangatkan diri didepan api unggun, aktifitas berbeque, pembagian doorprice, bermain musik, dan lainnya.
DAY TIME ACTIVITIES 
D-1 08.30 AM  – 04.30 PM OUTBOUND 
1. Opening and Ice breaking
2. Competition games
3. Simulation games
4. Final project
D-1 07.00 PM  – 10.00 PM NIGHT SESSION 
1. Bornfire
2. Share experiences
3. Internal session
D-2 08.00 AM – 11.00 AM JOURNEY
1. Jungle tracking / hiking
2. River tracking / susur sungai
3. Wisata curug
Programme Staff : 1. Game master
2. Fasilitator
3. Logistic team support
4. Medical crew (up 40 partisipans)
5. Photografer (up 40 partisipans)
6. Adventure crew

Simpulan gathering perusahaan dan outing

Pengertian gathering dan outing perusahaan oleh sebagian orang maknanya dibiaskan atau tidak terlihat ada sebuah perbedaan yang kuat dan mencolok dalam penggunaan kata tersebut, hal ini karena kurangnya pemahaman atas penggunaan dan penempatan kata gathering ataupun outing. Pemaknaan outing lebih kepada sebuah perjalanan atau kunjungan untuk rakreasi / plesir / kesenangan atau untuk pendidikan atau outing perusahaan adalah  berkumpulnya karyawan dan manajemen perusahaan dalam suasana rekreasional serta dilakukan di luar jam kerja. Sementara itu, gathering dimaknakan sebagai pertemuan untuk tujuan tertentu seperti pertemuan sosial / keluarga / karyawan perusahaan, dll yang bertujuan untuk meningkatkan kebersamaan, semangat, loyalitas, kesatuan dan persatuan.


This entry was tagged in pengertian outing dan gathering, gathering adalah, outing adalah, tempat gathering di sentul bogor, gathering perusahaan di puncak bogor, manfaat gathering perusahaan dan outing, customer gathering, tempat family gathering di jakarta, tempat gathering di jakarta, outing kantor, slogan family gathering perusahaan, family gathering, games family gathering, family gathering quote, company gathering, company gathering theme, company gathering bogor, company gathering quotes, company gathering ideas, acara outing kantor, destinasi outing kantor, rekomendasi tempat outing kantor di bogor, ide outing kantor jakarta, event organizer outing kantor.