Outbound training di Bogor

Outbound Training series – Kegiatan di alam bebas merupakan salah satu media relaksasi dan pengembangan diri yang baik karena dalam aktivitas dialam tercakup unsur-unsur yang memadu padankan aktivitas fisik, kemampuan logika dan olah emosi dalam rangka mencapai tujuan kegiatan.

Dalam suasana relaks, nilai-nilai dan paradigma baru yang memperkuat ikatan, keakraban dan kebersamaan sesama karyawan dapat dengan mudah disampaikan, begitupun suasana relaks dialam terbuka mampu meningkatkan  aspek-aspek fisik, mental dan spiritual. .

H O T L I N E

+62 819-1005-4000

WHATSAPP

Bentuk program outbound training

Program ini menitik beratkan pembelajaran berdasar pengalaman dan berfikir diluar kebiasaan. Program ini berbasis petualangan di alam bebas yang menggunakan adventure journey, group dynamic, problem solving process dan generalizing sebagai metode pendekatan kegiatannya. Ke-empat pendekatan tersebut difasilitasi penyelenggarananya, antara lain :

    1. Belajar melalui pengalaman.
    2. Simulasi permainan yang melibatkan fisik emosional, intelektual, diskusi, refleksi dan implementasi.
    3. Belajar dengan melakukan sesuatu untuk membangun kapasitas diri.
    4. Journey ; petualangan dengan menelusur hutan dan sungai

Pengalaman selama mengikuti program ini merupakan pengalaman yang terstruktur dalam bentuk aktivitas di alam bebas yang menantang yang mampu memotivasi setiap personal untuk secara aktif mengeksplorasi potensi diri lebih dalam lagi terhadap kepekaan lingkungan dan sosial sehingga terjadi peningkatan potensi diri yang pada akhirnya berpengaruh positif pada setiap individu dan lingkungan kerja..
.


Metode kegiatan outbound training

Program outbound yang disisipi petualangan merupakan gabungan kegiatan didalam ruangan dan aktifitas olahraga di alam bebas yang dibagi menjadi menjadi 4 tahap rangkaian proses, adalah sebagai berikut :

1. Ice Breaking

dimana seluruh peserta akan mengalami proses adaptasi secara bersama-sama. Bentuk kegiatannya berupa kontrak belajar dan permainan pengenalan diri untuk mencairkan kekakuan melalui cara interaktif yang menyenangkan dengan permainan-permainan yang melatih konsentrasi, kecermatan dan memfokuskan pikiran pada kegiatan.

2. Group Dynamic 

Dimana para peserta akan dikondisikan kohesifitas kelompoknya dengan mengembangkan unsur-unsur rasa kebersamaan, keterbukaan dan rasa saling mempercayai satu dengan yang lain. Hal ini bertujuan agar para peserta dapat merasakan proses terbentuknya kelompok, pentingnya semangat kelompok dan rasa memiliki kelompok.

Materi dalam group dynamic merupakan permainan-permainan yang melatih kepemimpinan, kerjasama, komunikasi efektif, pengendalian diri, kesabaran, disiplin, tanggung jawab, kecermatan, kreatif dan kepercayaan.

3. Adventure Team Challenge

Adalah pengujian kelompok, dimana para peserta dalam bentuk kelompok akan dihadapkan pada tantangan demi tantangan melalui satu kegiatan petualangan di alam bebas. Dari pengalaman yang gagal ataupun sukses dalam mengatasi tantangan ini diharapkan kelompok dapat belajar dan mengetahui kelemahan serta kekuatan yang dimiliki baik secara kelompok maupun potensi individu anggota kelompok.

Dalam proses ini diharapkan para peserta dapat belajar dan menyadari potensi yang dimiliki, mengenali dasar-dasar sikap kerja, memotivasi diri dan orang lain serta memahami perubahan paradigma kerja sehingga para peserta dapat memahami dasar-dasar kebutuhan organisasi dalam mencapai sasaran bersama (achievement), selain proses kerjasama kelompok (team work) maupun komunikasi dan koordinasi.

4. Final Project 

adalah Interaksi antar kelompok, para peserta akan dibagi menjadi dua kelompok besar sehingga setiap peserta dapat memahami perubahan paradigma kelompok yang sesuai untuk kebutuhan masa depan yang aplikatif.

Dalam tahap ini para peserta akan dihadapkan pada tantangan inter-group problem solving yang dimaksudkan untuk mengembangkan wawasan kesaling-tergantungan (interdependensi) kelompok dan persaingan secara positif yang dapat meningkatkan kualitas kelompok dalam rangka mencapai sasaran akhir yang lebih berkualitas dan prestatif.

Proses kegiatan yang berbentuk tahapan-tahapan terstruktur tersebut akan bertambah tingkat kesulitan dan resikonya secara gradual, baik dari segi fisik maupun keterlibatan emosi para pesertanya. Perubahan tingkat resiko dan kesulitan yang diberikan dalam proses pelatihan akan disesuaikan dengan kondisi peserta dan alam.

Sasaran Program Outbound training

Sasaran program outbound dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, hal ini akan terkait dengan desain program outbound yang dibuat secara khusus, namun secara umum (kebiasaan) sasaran program kegitatan outbound yang banyak diselenggarakan adalah :.

  1. Meningkatkan kerjasama dalam sebuat tim kerja yang kuat (team building)
  2. Kepemimpinan (leadership)
  3. Meningkatkan kemampuan diri  dan karakter individu (character building)
  4. Menghadirkan suasana yang menyenangkan dan nyaman dalam harmonisnya alam dengan kegiatan petualangan, sehingga suasana kenyamanan dan petualangan ini akan berpengaruh positif pada aktifitas kerja sekembalinya dari kegiatan.
    .
    .

Rundown Program Outbound training

Rundown program outbound yang berdurasi 2 hari 1 malam (2D1N) dibawah ini merupakan contoh kegiatan program outbound yang diselenggarakan di Highland Camp. Adapun nantinya, rundown kegiatan yang meliputi bentuk dan tujuan kegiatan dan permainan-permainannya akan disesuaikan dengan kebutuhan desain program yang disepakati oleh para pihak. 

Hari pertama outbound training

Durasi

Kegiatan

Bentuk dan Tujuan Kegiatan

Alternatif games

 

Peserta tiba Highland camp®

diperkirakan kedatangan peserta sekitar  pada jam 08.30 AM

 

30 menit

 

Introduksi & penjelasan

 

Sesi ini merupakan pengenalan dan penjelasan program kegiatan yang akan dilakukan oleh para peserta agar para peserta siap dan memahami proses kegiatan dari metode dan program yang sudah ditetapkan

 

Opening

·Rule of the games

Run Down Program

Alih otoritas

Doa

 

60 menit

 

Ice breaking

 

Ice breaking merupakan kegiatan yang mengajak para peserta untuk melakukan pemanasan dan mencairkan kekakuan baik antar peserta maupun dengan para instruktur kegiatan.

Kegiatan ini akan menumbuhkan rasa kegembiraan dan semangat positif untuk berpartisipasi aktif.

Bentuknya merupakan permainan kelompok besar maupun kecil yang ringan, fun dengan skala resiko (fisik-mental) yang rendah.

 

 

Tugu pancoran

Wind Earth Formation

Wind Pump

Every Body Up

People To People

Tupai Pemburu

 

240 menit

 

Journey

Dari sini peserta akan mulai di ajak keluar dari zona nyaman dengan menelusur hutan dan sungai.

Peserta akan merasakan proses berinteraksi  dengan lingkungan dalam sebuah kelompok dengan media simualasi permainan dan perjalanan petualangan.

Pada sesi  ini peserta akan dihadapkan pada tantangan demi tantangan yang bertambah tingkat kesulitan dan resikonya secara gradual.

 

Fun Adventure

Tracking hutan

Susur sungai

 

60 menit

Acara malam

Sesi internal

Api unggun

90 menit

Kontemplasi

Suatu kegiatan perenungan, memandang dengan hati dan ketenangan pikiran.

Kegiatan untuk menggali kembali motivasi serta kesadaran akan pentingnya nilai-nilai kenal diri, lingkungan, sosial  serta kekuatan pribadi dan sebagai suatu waktu untuk membentuk konsep diri.

 

 

Istirahat

 

 

Hari kedua outbound training

Durasi

Tema Acara

Bentuk dan Tujuan Kegiatan

Alternatif games

30 menit

 

Streching  & energizer

 

Acara ini merupakan energizer untuk membangun semangat setelah istirahat panjang.

Kegiatannya tidak lepas dari persiapan dan pemanasan fisik untuk menghadapi kegiatan yang lebih menantang hari ini.

Senam pagi

Every Body Up

People To People

Tupai Pemburu

 

180 menit

 

Games simulasi

 Para peserta dihadapkan pada satu tantangan secara individual, dimana setiap orang mempuyai kesempatan untuk menentukan dirinya sendiri, seperti: pengambilan keputusan, pengelolaan diri serta reaksi dalam menghadapi satu tekanan meskipun secara perorangan tetapi akan mempengaruhi kontribusi kepada kelompoknya

Folding Map

This Orde Oktofus

Alkatras

Stapping

Take The Ball

60 Menit

Kompetisi

Peserta diajak berkompetisi antar group, Bersimulasi akan adanya kompetisi atau persaingan dimana akan tercipta daya kerja tim agar memenangkan kompetisi

·          

60 menit

 

Final project

 

Final Project merupakan sebuah simulasi yang dilakukan oleh seluruh peserta pada akhir program untuk mengaktualisasikan sebuah kebersamaan.

Kegiatan akhir yang akan membantu peserta dalam membuat suatu rangkuman kegiatan agar peserta dapat menemukan nilai-nilai belajar yang dapat terinternalisasi sacara sadar akal dan sikap sebagai suatu kebiasaan positif baik secara individu maupun kelompok.

Candle Guard

 

30 menit

 

General review

 

Menggali nilai-nilai belajar yang telah diperoleh memalui aktivitas yang dilakukan dan menerapkan nilai-nilai tersebut ke dalam kehidupannya sehari-hari.

 

 

15 menit

Doa & closing

 

 

 

Sayonara

 

 

Investasi dan fasilitas kegiatan outbound training 2D1N

Deskripsi tempat berkemah di Bogor.

    1. Desain program outBound
    2. Lokasi kegiatan dan pendukungnya.
    3. Instruktur, Fasilitator & supporting
    4. Peminjaman peralatan khusus pendukung kegiatan
    5. Konsumsi 4x makan dan 2x snack break
    6. Tenda dome
    7. Matras
    8. Sleping bag
    9. Kasur
    10. Unit tenda pleton
    11. Dukungan medis
    12. Photografer / videografer.