Team Building Program (TBP)

pelatihan dan pengembangan sdm

Team Building Program merupakan strategi untuk pertumbuhan dan keberhasilan bagi organisasi dengan membekali anggota tim dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan atas team, program ini membantu organisasi meraih keunggulan kompetitif dalam lingkungan bisnis yang semakin kompleks dan dinamis.


H O T L I N E +62 811-140-996

RESERVASI


Program Pelatihan Pengembangan Tim (Team Building) adalah inisiatif yang diarahkan untuk memperkuat kohesi dan sinergi dalam lingkungan kerja tim. Team Building Program bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja tim dan mencapai tujuan bersama secara efisien. Berfokus pada analisis peran individu dalam tim, identifikasi potensi unik masing-masing anggota, serta penguatan komunikasi dan kolaborasi, pelatihan ini memberikan landasan yang kokoh bagi keberhasilan organisasi.

Melalui pendalaman konsep-konsep seperti pengelolaan konflik, pengembangan keterampilan kepemimpinan, serta pengenalan pada pentingnya keragaman dalam tim, para peserta pelatihan akan mendapatkan wawasan yang mendalam mengenai dinamika kelompok yang efektif.

Tujuan Program TBP

Tujuan umum dari Team Building Program adalah untuk menciptakan tim yang solid, kolaboratif, dan efektif, yang memiliki pemahaman yang mendalam tentang nilai-nilai dan visi organisasi, serta memiliki kemampuan dan keterampilan yang relevan untuk mencapai kesuksesan jangka panjang. Program Team Building dapat didasarkan pada dua pendekatan yang berbeda, yaitu:

  • Berdasarkan Value Perusahaan: Tujuan dari Team Building Program dalam pendekatan ini adalah untuk memperkuat nilai-nilai dasar yang menjadi inti dari organisasi. Melalui berbagai kegiatan dan interaksi antara peserta, Team Building Program bertujuan untuk mendorong adopsi dan penguatan nilai-nilai perusahaan seperti kejujuran, kolaborasi, inovasi, integritas, dan kepedulian. Dengan memperkuat nilai-nilai ini, diharapkan bahwa anggota tim akan lebih terhubung dengan visi dan misi organisasi serta lebih efektif dalam mencapai tujuan bersama.
  • Berdasarkan Kompetensi: Tujuan dari Team Building Program dalam pendekatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kerja setiap individu dalam tim. Team Building Program mencakup pengembangan pengetahuan, keterampilan, dan sikap sesuai dengan standar dan persyaratan di tempat kerja. Peserta akan terlibat dalam berbagai latihan dan simulasi untuk meningkatkan keterampilan kepemimpinan, komunikasi, kerjasama, problem-solving, dan kemampuan lain yang relevan dengan tugas dan tanggung jawab mereka. Dengan meningkatkan kompetensi individu, diharapkan kinerja keseluruhan tim dan organisasi juga akan meningkat.

Dan, Program Pelatihan Pengembangan Tim (Team Building Program) yang ditawarkan merupakan bagian integral dari seri besar program pelatihan dan pengembangan tim yang diselenggarakan oleh HEXs Indonesia. Secara umum, Team Building Program didasarkan pada metode Experiential Learning dengan tujuan utama meningkatkan kohesivitas dalam tim kerja. Hal ini tercermin dalam adanya sikap saling percaya di antara anggota tim, kemampuan untuk menemukan solusi atas masalah yang dihadapi, serta intensitas komunikasi mengenai peran individu dalam melaksanakan pekerjaan dan menghadapi tantangan.

Beberapa tujuan lain yang menjadi fokus dari Program Pengembangan Tim (Team Building Program) ini antara lain:

  • Membangun Tim yang Solid: Dalam upaya mencapai tujuan bersama, Team Building Program berusaha memperkuat rasa memiliki dan kepercayaan terhadap nilai-nilai organisasi dalam setiap anggota tim. Dengan begitu, tim dapat bersatu dalam tekad dan konsistensi dalam menghadapi perubahan dan tantangan.
  • Semangat Kebersamaan dan Keseimbangan Leadership-Followership: Team Building Program mendorong semangat kebersamaan dalam tim dengan menekankan pentingnya keseimbangan antara prinsip kepemimpinan dan kepatuhan. Para peserta diajak untuk aktif berkontribusi dan memimpin, sekaligus mampu mengikuti arahan dengan bijaksana.
  • Meningkatkan Komunikasi Efektif: Salah satu fokus utama adalah meningkatkan kualitas komunikasi antar anggota tim. Dengan komunikasi yang efektif, tim dapat saling memahami, mencegah miskomunikasi, dan menjalin kerjasama yang sinergis.
  • Membangun Pribadi yang Proaktif, Positif, Percaya Diri, Tangguh, dan Kreatif: Team Building Program merangsang setiap peserta untuk menjadi individu yang proaktif, berpikiran positif, percaya diri dalam menghadapi tantangan, serta memiliki daya tahan yang kuat. Selain itu, kreativitas juga diupayakan untuk mencari solusi inovatif dalam menghadapi situasi yang kompleks.
  • Meningkatkan Performa sebagai Satu Tim: Peningkatan performa keseluruhan tim adalah tujuan utama dari Team Building Program. Melalui pemahaman yang lebih mendalam tentang dinamika tim dan peningkatan keterampilan kolaborasi, performa tim dapat mencapai level yang lebih tinggi.

Melalui rangkaian kegiatan yang berbasis pada metode Experiential Learning, Team Building Program diharapkan memberikan dampak positif yang signifikan bagi kelangsungan dan kesuksesan tim kerja. 

Obyektif Program TBP

Obyektif dari Program Pelatihan Pengembangan Tim (Team Building) adalah untuk mencapai sejumlah tujuan yang esensial dalam mengoptimalkan performa dan efektivitas tim. Berikut adalah beberapa poin penting yang menjadi obyektif dari Team Building Program:

  • Meningkatkan Kolaborasi: Team Building Program bertujuan untuk memperkuat kolaborasi di antara anggota tim. Melalui berbagai kegiatan dan latihan, peserta akan diajak untuk bekerja bersama, berbagi ide, dan berkomunikasi secara efektif demi mencapai tujuan bersama secara sinergis.
  • Mengatasi Konflik: Salah satu tujuan penting dari Team Building Program adalah membantu tim mengatasi konflik yang mungkin muncul dalam kerja sama mereka. Peserta akan diajarkan cara berkomunikasi dengan bijaksana, menangani perbedaan pendapat, dan mencari solusi bersama untuk mencapai kesepakatan.
  • Meningkatkan Keterampilan Kepemimpinan: Program pelatihan ini menitikberatkan pada pengembangan keterampilan kepemimpinan yang efektif. Para peserta akan belajar tentang gaya kepemimpinan yang berbeda, bagaimana mempengaruhi anggota tim, dan menjadi pemimpin yang inspiratif.
  • Memahami Peran Individu: Obyektif lainnya adalah membantu anggota tim memahami peran masing-masing dalam kelompok. Dengan memahami tanggung jawab dan kontribusi mereka, tim dapat bekerja lebih terorganisir dan efisien.
  • Mempertajam Keterampilan Komunikasi: Team Building Program bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal di antara anggota tim. Peserta akan dilatih untuk mendengarkan dengan empati, menyampaikan pesan dengan jelas, dan menghindari misinterpretasi yang dapat menyebabkan ketegangan.
  • Mengoptimalkan Kinerja Tim: Obyektif utama dari Program Pengembangan Tim (Team Building Program) adalah meningkatkan kinerja keseluruhan tim. Dengan membangun hubungan yang solid, memperbaiki komunikasi, dan mengatasi hambatan yang mungkin terjadi, tim dapat mencapai hasil yang lebih baik dan berkontribusi lebih efektif bagi organisasi.
  • Memanfaatkan Keberagaman: Team Building Program juga bertujuan untuk mengenali dan memanfaatkan keberagaman sebagai sumber daya yang bernilai dalam tim. Dengan menghargai perbedaan latar belakang, pengalaman, dan pandangan, tim dapat mencapai hasil yang lebih inovatif dan kreatif.

Metode Pembelajaran TBP

Program Pelatihan Pengembangan Tim (Team Building Program) didasarkan pada metode Experiential Learning yang mendorong peserta untuk belajar melalui pengalaman langsung selama pelatihan. Setiap peserta akan merefleksikan pengalaman yang dialami dan menghubungkannya dengan kebutuhan pengembangan diri yang nyata.

Pentingnya pembelajaran juga tercermin dari bagaimana peserta mampu mengaplikasikan nilai-nilai pembelajaran ke dalam kegiatan berikutnya. Proses pembelajaran ini tidak sekadar menjadi wacana, melainkan berdampak nyata pada diri pribadi peserta maupun pada kelompok atau komunitas yang terlibat.

Sebelum memulai setiap kegiatan, peserta akan diberikan informasi berupa instruksi tugas atau kegiatan yang akan dilaksanakan. Setelah itu, peserta secara aktif menjalankan tugas sesuai instruksi yang telah diberikan. Pada akhir kegiatan, pengalaman yang diperoleh dari setiap kegiatan akan diolah dengan cermat melalui diskusi dan berbagi pengalaman dengan anggota kelompok. Proses ini menghasilkan pembelajaran yang sangat berarti dan dapat diaplikasikan oleh peserta dalam kehidupan sehari-hari.

Experiential Learning

Metode Experiential Learning merupakan pendekatan pembelajaran yang menekankan pada pembentukan pengalaman langsung bagi peserta pelatihan. Metode ini memberikan kesempatan bagi peserta untuk mencapai keberhasilan dengan memberi kebebasan kepada mereka untuk menentukan pengalaman yang akan difokuskan, keterampilan yang ingin ditingkatkan, dan dari situlah mereka dapat membentuk konsep dari pengalaman yang telah mereka alami.

Metode Experiential Learning dipilih sebagai salah satu metode belajar yang paling efektif karena memungkinkan peserta untuk belajar melalui pemenuhan aspek penting dalam proses pembelajaran, yaitu kognitif, afektif, dan emosional. Dengan memastikan pemenuhan ketiga aspek ini, peserta dapat mencapai pemahaman yang lebih mendalam terhadap materi pelajaran.

Tahap pembelajaran dalam metode Experiential Learning terdiri dari empat tahap:

  • Tahap Pengalaman Nyata (Concrete Experience): Peserta mengalami pengalaman langsung melalui berbagai kegiatan atau tugas yang dihadirkan dalam pelatihan.
  • Tahap Observasi Refleksi (Reflective Observation): Peserta merefleksikan pengalaman yang telah mereka alami dan mengamati dampak dari pengalaman tersebut terhadap pemahaman dan emosi mereka.
  • Tahap Konseptualisasi (Abstract Conceptualization): Peserta membentuk konsep atau pemahaman yang lebih abstrak dari pengalaman yang telah mereka alami, menghubungkannya dengan teori atau konsep yang relevan.
  • Tahap Implementasi atau Eksperimen (Active Experimentation): Peserta mengimplementasikan pemahaman dan konsep yang telah mereka bentuk ke dalam tindakan atau eksperimen dalam situasi nyata.

Dalam metode Experiential Learning, pengalaman individu menjadi media pembelajaran yang paling utama. Dengan melibatkan peserta secara langsung dalam proses pembelajaran, metode ini menciptakan kesempatan bagi peserta untuk belajar secara aktif, menginternalisasi pembelajaran, dan mengaplikasikannya dalam kehidupan nyata.

Konsep Program TBP

Secara umum, konsep Team Building Program melibatkan enam (6) elemen penting, yaitu:

  • Peserta: Peserta merupakan fokus utama dalam Team Building Program. Mereka adalah individu yang akan mengalami proses pembelajaran dan pengembangan diri melalui berbagai aktivitas dan tantangan.
  • Lingkungan yang Unik: Team Building Program menciptakan lingkungan yang unik dan berbeda dari rutinitas sehari-hari peserta. Lingkungan yang unik ini bertujuan untuk merangsang kreativitas, membangkitkan semangat, dan meningkatkan interaksi antar peserta.
  • Tantangan: Tantangan merupakan bagian integral dari Team Building Program. Peserta akan dihadapkan pada berbagai tugas dan permainan yang menantang, baik secara fisik maupun mental. Tantangan ini bertujuan untuk menguji kemampuan peserta, mendorong kerjasama, dan memperkuat tim.
  • Disonansi: Dalam perjalanan program Team Building, peserta mungkin mengalami disonansi atau ketidaknyamanan, baik dari perbedaan pendapat, konflik antarpribadi, atau situasi yang menantang. Hal ini sebenarnya merupakan bagian normal dari proses pembelajaran dan akan memberikan kesempatan bagi peserta untuk belajar mengatasi dan menyelesaikan konflik.
  • Insight: Team Building Program bertujuan untuk memberikan wawasan (insight) kepada peserta tentang diri mereka sendiri, potensi, dan cara berinteraksi dengan orang lain. Insight ini dapat membantu peserta untuk lebih memahami diri mereka sendiri dan membangun hubungan yang lebih baik dengan anggota tim.
  • Konsep Diri: Konsep diri merujuk pada pemahaman dan kesadaran peserta tentang siapa mereka sebenarnya, apa yang ingin mereka capai, dan bagaimana mereka dapat berkontribusi dalam tim. Team Building Program akan membantu peserta untuk mengembangkan konsep diri yang lebih positif dan memberdayakan.

Dan, secara garis besar Team Building Program melibatkan rangkaian dari self-discovery (penemuan diri), self-knowledge (pengetahuan diri), dan re-programming (pengubahan pola pikir atau perilaku yang tidak efektif). Melalui proses ini, peserta diharapkan dapat mencapai pertumbuhan pribadi, memperkuat kolaborasi dalam tim, dan mencapai tujuan bersama secara lebih efektif. Dengan menggabungkan berbagai elemen tersebut, Team Building Program menciptakan pengalaman pembelajaran yang berarti dan berdampak bagi peserta.

Dan, Konsep program yang akan dijalankan didasarkan pada penerapan dinamika pengalaman, yang mencakup enam elemen dinamika yang mempengaruhi keberhasilan sebuah pembelajaran melalui pengalaman, yaitu:

  • Dinamika Motivasi: Motivasi untuk belajar dan berkembang akan dipertahankan dan dibangun melalui pengkondisian, coaching, debriefing, dan konseling. Peserta akan terus didorong untuk tetap termotivasi dalam menghadapi berbagai tantangan dalam pelatihan.
  • Dinamika Tempat: Kemampuan beradaptasi dalam kondisi yang berbeda dan tidak familiar akan dilatih dengan cara melakukan kegiatan di luar ruangan. Peserta akan dihadapkan pada lingkungan yang berbeda dan diharapkan dapat beradaptasi dengan baik.
  • Dinamika Kelompok: Kemampuan berinteraksi dan bekerjasama dalam kelompok akan dikembangkan melalui dinamika tugas kelompok. Anggota kelompok akan dirotasi setiap harinya sehingga peserta dapat berinteraksi dengan berbagai anggota tim yang berbeda.
  • Dinamika Kegiatan: Peserta akan dihadapkan pada berbagai tugas yang menantang secara fisik, mental, panca indera, dan kognitif. Kegiatan tersebut dapat berupa tugas dengan dampak rendah atau tinggi, namun semua bertujuan untuk menguji kemampuan dan keterampilan peserta.
  • Dinamika Tekanan: Tekanan akan muncul selama pelatihan melalui tugas-tugas yang menantang, batas waktu yang ketat, menghadapi rintangan pribadi, konflik antar pribadi, dan suasana kompetisi. Hal ini bertujuan untuk menguji ketahanan mental dan emosional peserta.
  • Dinamika Keberhasilan dan Kegagalan: Peserta akan mengalami keseimbangan antara keberhasilan dan kegagalan dalam menyelesaikan tugas-tugas. Pengalaman ini akan membuat pembelajaran menjadi lebih kompleks dan memberikan kesempatan bagi peserta untuk belajar dari kegagalan dan memperkuat keberhasilan.

Dengan menerapkan keenam elemen dinamika pengalaman ini, program pelatihan akan menciptakan pengalaman belajar yang mendalam dan berdampak bagi peserta. Proses pembelajaran yang mencakup motivasi, adaptasi, kerjasama, tantangan, tekanan, serta keberhasilan dan kegagalan akan membentuk peserta menjadi individu yang tangguh, kreatif, dan siap menghadapi berbagai situasi dalam kehidupan profesional maupun pribadi. Konsep ini menjamin bahwa pembelajaran melalui pengalaman bukan hanya sekedar teori, melainkan pengalaman yang menginspirasi dan membawa perubahan positif bagi peserta.

Alur Kegiatan TBP

Alur kegiatan pelatihan Team Building Program diawali dengan kedatangan peserta ke lokasi, Highland Camp, di mana mereka akan mengikuti kegiatan toilet issue dan sarapan pagi. Acara akan dimulai dengan sambutan dari manajemen perusahaan, diikuti dengan doa bersama, dan dilanjutkan dengan serah terima kepada tim Highland Experience Indonesia.

Selanjutnya, kegiatan akan berlanjut dengan kondisioning big group, di mana peserta akan diberikan penjelasan mendalam tentang tujuan dan metode pelatihan, aturan selama pelatihan, serta komitmen dasar yang diharapkan dari setiap peserta. Selama sesi ini, peserta akan mendapatkan pemahaman yang jelas mengenai obyektif program, kondisi pelatihan, tugas-tugas yang harus dilaksanakan, dan peran serta fasilitator atau instruktur. Dalam konteks ini, obyektif program terbagi menjadi dua aspek utama, yaitu adaptasi (AD) dan orientasi pada pencapaian (AO).

Beberapa aspek penting pada saat Kondisioning Big Group adalah:

  • Penjelasan Mengenai Tujuan dan Metode Pelatihan: Dalam tahap ini, peserta akan mendapatkan penjelasan yang mendalam mengenai tujuan utama dan pendekatan metodologis yang diadopsi oleh pimpinan pelatihan dalam kerangka Team Building Program.
  • Penetapan Aturan dan Ketentuan Pelatihan: Selama sesi ini, para peserta akan diberikan pemahaman yang rinci mengenai norma-norma serta aturan yang harus diikuti selama pelaksanaan pelatihan, demi menciptakan lingkungan yang teratur dan kondusif.
  • Tiga Komitmen Mendasar Pelatihan: Pada fase ini, ditonjolkan tiga prinsip komitmen mendasar yang akan menjadi pedoman bagi para peserta. Ketiga komitmen ini melibatkan komitmen terhadap pembelajaran, kolaborasi dalam tim, serta tanggung jawab individu dalam mengoptimalkan proses pelatihan.

Sementara itu, dalam sesi Conditioning Small Group, akan diuraikan secara mendalam mengenai obyektif program, lingkungan pelatihan, serta peran dan tugas dari para peserta dan fasilitator / instruktur yang terlibat.

Obyektif yang ingin dicapai dalam sesi Conditioning ini meliputi:

  • Adaptasi (AD): Kemampuan individu untuk beradaptasi dengan perubahan dan dinamika yang terjadi dalam lingkungan tim dan situasi pelatihan.
  • Orientasi Pencapaian (AO): Fokus pada tujuan dan prestasi sebagai panduan utama dalam interaksi dan aktivitas selama program.

Setelah memahami seluruh informasi dan aturan yang telah disampaikan, peserta akan terlibat dalam serangkaian kegiatan yang dirancang secara khusus untuk mencapai tujuan adaptasi dan orientasi pada pencapaian. Kegiatan ini dapat melibatkan tanangan-tantangan fisik, mental, dan sosial yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan individu, memperkuat kerja tim, serta meningkatkan kesadaran diri.

Langkah selanjutnya dalam pelatihan adalah menjalani kegiatan “ice breaking small group” yang dirancang untuk menciptakan suasana nyaman dan aman secara psikologis di dalam tim, sekaligus memperdalam pemahaman individu terhadap satu sama lain. Obyektif dari sesi “ice breaking small group” ini mencakup:

  • Kemampuan Beradaptasi (AD): Mampu berinteraksi dalam berbagai situasi dengan fleksibilitas.
  • Pemahaman Antarpersonal (IU): Mengembangkan pemahaman yang lebih dalam mengenai dinamika hubungan sosial.
  • Orientasi Pelayanan Terhadap Pelanggan (CSO): Menyadari pentingnya memberikan pelayanan yang optimal kepada pelanggan atau rekan kerja.

Setelah penyelesaian “Pembukaan Interaksi Kelompok”, pelatihan akan berlanjut dengan kegiatan “Membangun Kepercayaan Diri dan Kepercayaan Melalui Aktivitas Trust Fall“. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat rasa percaya diri dan membangun hubungan saling percaya antar peserta. Obyektif dari kegiatan ini mencakup:

  • Kepercayaan Diri (SC): Memperkuat keyakinan diri individu dalam menghadapi tantangan.
  • Pengendalian Diri (SCO): Meningkatkan kemampuan mengelola diri dalam situasi yang menantang.
  • Pemahaman Antarpersonal (IU): Menggali pemahaman yang lebih mendalam tentang interaksi sosial.
  • Orientasi Pelayanan Terhadap Pelanggan (CSO): Mengarahkan perhatian pada pentingnya memberikan pelayanan yang berkualitas kepada pelanggan atau rekan kerja.

Selanjutnya, dalam tahap Aktivitas Pemecahan Masalah, peserta akan terlibat dalam simulasi untuk merangsang perilaku analitis, mengidentifikasi masalah, dan merencanakan solusi yang efektif. Obyektif dari tahap ini mencakup:

  • Inisiatif: Mendorong kemampuan mengambil langkah inisiatif dalam mengatasi tantangan.
  • Orientasi Pencapaian (AO): Menekankan pencapaian hasil yang diinginkan.
  • Pemahaman Antarpersonal (IU): Menggali aspek interaksi sosial yang lebih dalam.
  • Kepemimpinan Tim (TL): Mengembangkan kemampuan memimpin dalam konteks tim.

Setelah Aktivitas Pemecahan Masalah, pelatihan akan berlanjut dengan sesi “Orientasi Lapangan”, di mana peserta akan berkompetisi untuk mengumpulkan penghargaan melalui penyelesaian tugas di berbagai titik pos. Perjalanan ini dilakukan dengan mengikuti jalur di hutan Highland Camp Learning Center dengan bantuan peta dan kompas untuk menemukan titik-titik tujuan (Pos Tugas). Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk memenuhi kebutuhan kelompok.

Obyektif dari sesi “Orientasi Lapangan” ini meliputi:

  • Inisiatif: Mendorong kemampuan mengambil langkah inisiatif dalam menghadapi tantangan.
  • Orientasi Pencapaian (AO): Menekankan pencapaian hasil yang diinginkan.
  • Pemahaman Antarpersonal (IU): Menggali aspek interaksi sosial yang lebih dalam.
  • Kepemimpinan Tim (TL): Mengembangkan kemampuan memimpin dalam konteks tim.
  • Kepercayaan Diri (SC): Mempertegas rasa percaya diri dalam berbagai situasi.
  • Pengendalian Diri (SCO): Meningkatkan kemampuan mengelola diri dalam situasi yang beragam.
  • Adaptasi (AD): Mengembangkan kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan lingkungan.
  • Orientasi Pelayanan Terhadap Pelanggan (CSO): Menggarisbawahi pentingnya memberikan pelayanan berkualitas kepada pelanggan.

Dengan demikian, seluruh elemen yang terdapat dalam tahapan “Orientasi Lapangan” ini saling melengkapi dan berkontribusi dalam mencapai tujuan-tujuan yang diharapkan dari Team Building Program ini.

(Detail selanjutnya mengenai alur kegiatan secara lengkap dan rinci dapat diperoleh dengan menghubungi tim programmer HEXs Indonesia yang bertanggung jawab atas pelaksanaan Team Building Program.)

————————————————-

Dalam alur kegiatan, Team Building Program akan disesuaikan dengan kebutuhan perkembangan kompetensi bagi setiap peserta. Team Building Program akan mengarahkan peserta untuk mengembangkan kompetensi dalam tiga kelompok utama, yaitu:

  • Personal Effectiveness (Efektivitas Pribadi): Pada kelompok ini, peserta akan fokus pada pengembangan kemampuan untuk mengelola diri sendiri dalam upaya mencapai tujuan. Peserta akan belajar tentang peningkatan kualitas pribadi, seperti manajemen waktu, keterampilan pengambilan keputusan, penanganan stres, dan motivasi diri. Dengan menguasai aspek-aspek ini, peserta dapat menjadi individu yang lebih efisien dan efektif dalam mencapai tujuan mereka.
  • Deal with Task (Menghadapi Tugas): Kelompok ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan peserta dalam mengelola tugas-tugas yang ada sehingga target dapat tercapai dengan efektif. Peserta akan belajar tentang perencanaan yang baik, penilaian risiko, dan strategi penyelesaian tugas. Dengan kemampuan ini, peserta dapat menjadi pemimpin yang mampu menghadapi tantangan tugas dengan baik dan mencapai hasil yang optimal.
  • Deal with People (Menghadapi Orang Lain): Pada kelompok ini, peserta akan fokus pada pengembangan kemampuan dalam mengelola interaksi dan kolaborasi dengan orang lain, terutama dalam konteks kerja tim. Peserta akan belajar tentang komunikasi yang efektif, kepemimpinan yang inspiratif, serta cara mengatasi konflik dan memotivasi anggota tim. Dengan kemampuan ini, peserta dapat menjadi pemimpin yang mampu memotivasi dan mengelola tim dengan baik, sehingga mencapai tujuan organisasi yang telah disepakati bersama.

Dalam setiap kelompok, peserta akan terlibat dalam berbagai kegiatan dan simulasi yang relevan untuk mengembangkan kompetensi yang diinginkan. Team Building Program akan memberikan kesempatan bagi setiap peserta untuk belajar dan tumbuh sesuai dengan kebutuhan dan tujuan individu mereka. Dengan pendekatan yang disesuaikan ini, Team Building Program diharapkan dapat memberikan manfaat dan dampak positif yang signifikan bagi setiap peserta dan keseluruhan tim.

Evaluasi, Laporan dan PAP

Evaluasi program merupakan suatu proses yang penting untuk mengukur efektivitas dari Team Team Building Program berhasil mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Hal ini meliputi evaluasi terhadap fasilitas pelatihan yang digunakan, kualitas para fasilitator atau instruktur pelatihan, serta keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.

Laporan dinamika pembelajaran menjadi bagian penting dalam proses evaluasi. Laporan ini disusun berdasarkan hasil sharing atau diskusi peserta mengenai pengalaman selama berkegiatan. Isi laporan mencakup dinamika atau proses yang terjadi selama kegiatan yang berkaitan dengan pokok-pokok pembelajaran. Dalam laporan ini, ditunjukkan perubahan, pemahaman, dan wawasan yang didapat peserta selama pelatihan.

Personal action plan (PAP) juga merupakan bagian penting dalam evaluasi program. Setiap peserta membuat rencana tindakan pribadi sebagai bentuk implementasi pembelajaran yang telah diterima selama pelatihan. PAP berisi langkah-langkah konkret yang akan diambil oleh peserta untuk menerapkan dan mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama pelatihan ke dalam kehidupan dan pekerjaan mereka.

Melalui evaluasi program, laporan dinamika pembelajaran, dan personal action plan, Team Building Program berupaya memberikan manfaat yang signifikan bagi peserta. Team Building Program didesain untuk mencapai hasil yang optimal dalam mengembangkan kesadaran tim, kemampuan adaptasi, dan orientasi pada pencapaian tujuan. Dengan evaluasi yang cermat dan analisis yang mendalam, Team Building Program dapat terus ditingkatkan untuk memberikan dampak yang positif dan berkelanjutan bagi peserta dan organisasi.

Investasi TBP

Investasi yang diperlukan untuk mengikuti Team Building Program bergantung pada durasi kegiatan yang dipilih. Anda dapat menghubungi Hotline HEXs Indonesia di Nomor +62 811-1200-996, di mana Layanan Pelanggan kami dengan senang hati akan menghubungkan Anda dengan staf di bidang keuangan atau program yang akan membantu menentukan besaran investasi sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Secara garis besar, investasi dalam Team Building Program mencakup fasilitas-fasilitas berikut:

  • Creative Program: Program kreatif yang dirancang untuk tiga hari pelaksanaan, lengkap dengan perlengkapan aktivitas yang mendukung pembelajaran interaktif.
  • Tim Pelatihan: Tim yang terdiri dari Course Director, Instruktor, Technical Support, dan Paramedic yang memainkan peran penting dalam memastikan kelancaran dan keselamatan acara.
  • Peralatan Kegiatan: Semua peralatan yang diperlukan untuk menjalankan berbagai aktivitas dalam program, memastikan bahwa setiap komponen acara berjalan dengan baik.
  • Alat Peraga Event: Penggunaan elemen visual seperti spanduk dan perlengkapan lainnya untuk menciptakan lingkungan yang mendukung tema acara.
  • Akomodasi Selama Pelatihan: Penyediaan tempat menginap yang nyaman dan sesuai dengan durasi program, memberikan kenyamanan bagi peserta selama berlangsungnya pelatihan.
  • Konsumsi Selama Pelatihan: Penyediaan makanan dan minuman yang disesuaikan dengan jadwal dan kebutuhan peserta selama tiga hari acara.
  • Asuransi Kecelakaan: Perlindungan asuransi yang mencakup peserta, pengamat, dan kru HEXs Indonesia, memberikan jaminan keselamatan selama berlangsungnya program.
  • Laporan Pelatihan: Dokumentasi menyeluruh yang mencakup evaluasi program, dinamika pembelajaran kelompok, serta rencana tindakan personal peserta. Laporan ini akan diserahkan dalam waktu tujuh hari setelah pelatihan selesai.

Simpulan Team Building Program

Team Building Program merupakan rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk memperkuat dinamika kerja kelompok dan kolaborasi dalam sebuah tim. Melalui pengalaman langsung (Experiential Learning), peserta diberi kesempatan untuk belajar dan mengembangkan keterampilan serta pemahaman yang lebih baik tentang diri mereka sendiri dan anggota tim lainnya.

Team Building Program didasarkan pada enam elemen dinamika, yaitu motivasi, adaptasi dalam lingkungan yang unik, kerjasama dalam kelompok yang selalu berubah, tantangan fisik dan mental, tekanan, serta keseimbangan antara keberhasilan dan kegagalan. Seluruh elemen tersebut dirancang untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan menantang bagi peserta.

Dalam Team Building Program, terdapat dua pendekatan utama, yaitu berdasarkan nilai perusahaan dan kompetensi individu. Pendekatan nilai perusahaan bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai dasar yang menjadi inti dari organisasi, sementara pendekatan kompetensi bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerja setiap individu dalam tim.

Team Building Program juga mengarahkan peserta untuk mengembangkan kompetensi dalam tiga kelompok utama, yaitu efektivitas pribadi, menghadapi tugas, dan menghadapi orang lain. Melalui pengembangan kompetensi dalam kelompok-kelompok ini, peserta diharapkan dapat menjadi individu yang efisien, pemimpin yang tangguh, dan kolaborator yang baik. (Edited on 8/9/2023)


Beranda » Blog » Experiential learning » Team Building Program (TBP)